Thursday, February 23, 2017

5 Cara berwisata ke wakatobi dengan jalur udara

bohaywakatobi.blogspot.com
Suasana persiapan penerbangan menuju Wakatobi

Sahabat traveler perlu membaca ini dulu sebelum pergi ke Pulau Wakatobi ?
Ketika keinginan berwisata sudah mengalahkan semua keinginan, maka hal penting bagi anda yang suka berwisata baik secara bersama dengan segala kenikmatan fasilitas atau bagi anda yang suka tarveling model backpaker-an adalah mengetahui rute atau cara bagaimana menuju tempat wisata tersebut. Ya mengetahui rute penting karena disamping memperkirakan waktu dalm berwisata, anggaran yang ada, dan segala fasilitas dan poin wisata lain selama perjalanan.

Nahh untuk tahu alur perjalan ke wakatobi seperti halnya wisata yang pernah anda jalani, ada beberapa alternatif rute yang bisa ditempuh ke tempat wisata surga nyata bawah laut ini. Oke, baiklah akan kita bahas beberapa alternatif cara atau rute bagaimana ke lokasi wisata ini jika ditempuh dari pulau jawa dengan destinasi wisata yang lain yang tersebar di Jogja, Jakarta, Bandung, Surabaya. 

1. Dari Jakarta
Untuk memulai perjalanan ke wakatobi dari jakarta maka anda bisa memulai perjalanan dengan memilih antara perjalanan pagi buta/ subuh atau memilih perjalanan yang lebih agak siang. Untuk perjalanan dari jakarta yang pertama berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar pukul 04.00 WIB dengan penerbangan dari maskapai Lion Air menuju makassar, Pesawat dari jakarta Boeing 737-900ER sampai di Bandara Internasional Hasanuddin di makassar sekitar pukul 08.00 Wita. Perjalanan Jakarta - Makassar ditempuh rata-rata sekitar 2 jam. 

Setelah sampai di Bandara Internasional Hasanuddin penerbangan ke wakatobi dapat dilanjutkan dengan penerbangan dari maskapai Wings Air dengan jenis pesawat ATR 72-500 dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Perjalanan  dari bandara Internasional Hasanuddin makassar dengan penerbangan pagi ini pesawat akan transit di Bandara Haluoleo Kendari untuk beberapa saat (sekitar 10 menit) dengan penumpang tujuan Wakatobi tidak perlu turun ataupun melakukan check in ulang tetapi penumpang tinggal dipesawat. Sekitar pukul 10.45 Wita pesawat yang anda tumpangi akan sampai di Bandara Matahora Wakatobi. 

Untuk perjalanan ke wakatobi dari jakarta via Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang kedua dapat dilakukan dengan penerbangan diwaktu matahari begitu cantik menyinari bumi, ya berangkat dari bandar Internasional Soekarno-Hatta sekitar pikil 06.00 WIB merupakan perjalanan yang akan sangat sayang jika harus dilewatkan dengan hanya tidur di pesawat. Karena perjalanan ini akan menuju arah timur dimana matahari akan terbit. Perjalan ini akan menggunakan pesawat dengan jenis yang sama dari maskapai Lion Air yaitu jenis boeing 737-900ER dengan waktu jelajah sekitar 2 jam sampai di Bandara Internasional hasanuddin Makassar. 

Tinggi jelajah yang biasa dipake pesawat ini sekitar 14 ribu kaki, dengan kecepatan rata-rata 800 km/jam (ini info dari Mr. Capt. Pilot......lho ya) . Setelah sampai bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar anda akan sebentar transit jika menggunakan penerbangan ini, karena penerbangan lanjutan akan dijadwalkan sekitar pukul 11.30 Wita. Perjalanan akan menggunakan pesawat ATR 72-500 dengan lama tempuh sekitar 30 menit. 

Perjalan yang kedua ini akan lebih cepat karena rute pesawat tidak transit di Bandara Haluoleo Kendari akan tetapi akan mengambil rute sebelah barat dan langsung menuju wakatobi. Sampai di Bandara Matahora Wakatobi pesawat biasanya dijadwalkan sekitar pukul 12.00 Wita. Di depan bandara untuk berikutnya menuju hotel/penginapan yang akan dituju untuk istirahat atau langsung menuju tempat wisata dapat menggunakan taksi tanpa argo (kepandaian agan-agan dalam menawar dibutuhkan disini, tapi rata-rata mintanya 100rb sampai tujuan).

2. Dari Bandung
Penerbangan berikutnya via Bandara Husein Sastra Negara, di Bandung untuk perjalanan ini anda hareus sudah siap sedia di bandara sekitar jam 05.00 WIB karena sesuai jadwal pesawat akan berangkat sekitar pukul 06.00 WIB. Penerbangan dari Bandara Husein Sastra Negara di Bandung ini akan menggunakan maskapai dari Lion Air dengan pesawat boeing 737-900 ER yang menuju makassar. Perjalan dari bandung ke makassar akan ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam. 

Pesawat dari Bandung akan mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di makassar sekitar pukul 07.00 Wita. Di bandara Internasional Sultan Hasanuddin ini anda membutuhkan lapor kedatangan dibagian transit dan melakukan check in ulang untuk penerbangan selanjutnya ke wakatobi. Berikutnya untuk penerbangan ke wakatobi dari makassar anda dapat memilih dua penerbangan yang tersedia. 

Penerbangan via transit kendari dan penerbangan langsung ke wakatobi tanpa transit dikendari. Untuk penerbangan transit via kendari jadwal penerbangan lebih pagi sekitar pukul 09.00 Wita dan sampai di bandara Matahora wakatobi sekitar pukul 09.45 Wita. Untuk penerbangan langsung dijadwalkan pukul 11.30 Wita dari bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar dan sampai di bandara Matahora Wakatobi sekitar pukul 12.00 Wita. 

Di depan bandara Marahora Wakatobi untuk berikutnya menuju hotel/penginapan yang akan dituju untuk istirahat atau langsung menuju tempat wisata dapat menggunakan taksi tanpa argo (kepandaian sahabat traveller dalam menawar dibutuhkan disini, tapi rata-rata mintanya dari 100rb s/d 150 rb dengan maksimal jumlah penumpang empat orang dan barang bawaan sampai tujuan).

3. Dari Yogyakarta 
Untuk penerbangan dari yogyakarta akan sedikit berbeda dengan penerbangan dari Jakarta maupun dari bandung, karena penerbangan dari Yogyakarta ini kita harus melakukan perjalanan di malam hari. Untuk penerbangan dari bandara Internasional Adi Sucipto di Yogyakarta anda dapat menggunakan maskapai Sriwijaya Air dengan jadwal penerbangan sekitar pukul 20.55 WIB atau menggunakan maskapai Garuda dengan jadwal penerbangan sekitar pukul 18.00 WIB. Penerbangan dari yogyakarta akan transit terlebih dahulu di bandara Internasional Sultan Hasanuddin di makassar. 

Nahhh,,,untuk penerbangan dari Yogyakarta ini anda akan diharuskan menginap terlebih dahulu di makassar. saran penulis, jika anda bermaksud wisata dengan menikmati perjalanan maka saya sarankan ambil penerbangan yang jam 18.00 dengan maskapai garuda, kalau sesuai jadwal penerbangan akan sampai di makassar sekitar pukul 19.45 WIB ini masih banyak waktu bagi anda yang ingin berwisata di makassar seperti ke pantai Losari atau menikmati wisata kuliner malam di makassar. 

Untuk penginapan jangan khawatir di makassar tersedia Hotel berbintang lima yang full fasilitas. Ini karena makassar juga merupakan kota metropolisnya Indonesia untuk kawasan timur. dan bagi anda yang ingin melakukan perjalanan backpackeran, maka anada dapat mengambil perjalan lebih malam tidak apa dan jangan khawatir sebagai kota metropolis indonesia diwilayah timur makassar juga memiliki hotel-hotel melati yang dekat dengan bandara. Untuk mencapai tempat wisata ataupun hotel/ penginapan di makassar anda dapat menggunakan taxi atau kalo masih dapat bisa menggunakan bus DAMRI untuk bisa sampai ke obyek wisata pantai losari maupun hotel/penginapan diluar bandara. 

Bagi anda yang menginap di luar komplek bandara jangan khawatir karena penerbangan pagi berikutnya sangat cukup waktu untuk kita dapat menuju bandara dari hotel/penginapan di luar komplek bandara. Satu lagi informasi untuk hotel, di dalam komplek bandara juga tersedia fasilitas hotel namun saran dari penulis dengan waktu yang tersedia dan pengalaman perjalanan mencari penginapan di luar komplek bandara, khususnya bagi yang backpackeran bukanlah pilihan yang buruk karena bisa menikmati suasana kota makassar dimalam hari.  

Berikutnya untuk penerbangan ke wakatobi dari makassar anda dapat memilih dua penerbangan yang tersedia. Penerbangan via transit kendari dan penerbangan langsung ke wakatobi tanpa transit dikendari. Untuk penerbangan transit via kendari jadwal penerbangan lebih pagi sekitar pukul 09.00 Wita dan sampai di bandara Matahora wakatobi sekitar pukul 09.45 Wita. Untuk penerbangan langsung dijadwalkan pukul 11.30 Wita dari bandara Internasional Makassar dan sampai di bandara Matahora Wakatobi sekitar pukul 12.00 Wita. 

Di depan bandara Marahora Wakatobi untuk berikutnya menuju hotel/penginapan yang akan dituju untuk istirahat atau langsung menuju tempat wisata dapat menggunakan taksi tanpa argo (kepandaian agan-agan dalam menawar dibutuhkan disini, tapi rata-rata mintanya dari 100rb s/d 150 rb dengan maksimal jumlah penumpang empat orang dan barang bawaan sampai tujuan). Bagi sahabat traveller semuanya, yang menggunakan smart phone dengan fasilitas layanan sinyal dari selain si merah (Tel*****l) dan si kuning (Ind***t) mohon maaf anda harus sementara berpindah layanan ke dua provider layanan tersebut.

4. Dari Surabaya
Perjalalan wisata dari surabaya menuju wakatobi dapat ditempuh sebenarnya dengan jalur udara maupun jalur laut, akan tetapi untuk kali ini kita fokuskan dulu melalui jalur udara dulu. Penerbangan dari surabaya dapat dilakukan sejak pagi hari dengan jadwal keberangkatan pesawat dari maskapai Lion Air sekitar pukul 05.00 WIB dengan menggunakan pesawat boeing 737-900ER tujuan makassar, dengan waktu tempuh perjalan dari Bandara Internasional Juanda di Surabaya sampai Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar sekitar 1 jam 30 menit. 

Pesawat akan mendarat di bandara Internasional Hasanuddin di Makassar sekitar pukul 07.30 Wita. Perbangan berikutnya dari bandara Internasional Sultan Hasanuddin ke bandara matahora di waktobi akan dilanjutkan dengan menggunakan penerbangan dengan pesawat ATR 72-500 dengan dua kali penerbangan yaitu penerbangan pagi dan siang. 

Setelah sampai di bandara Internasional Sultan Hasanuddin di makassar anda diharuskan untuk melapor dibagian kedatangan dan menukar boarding pass dari bandara Internasional Juanda di surabaya dengan boarding pass yang dikeluarkan oleh maskapai bandara Internasional Sultan Hasanuddin di makassar. Penerbangan akan dilanjutkan dengan maskapai dari wings air dengan kode penerbangan IW 1330 untuk yang pagi dan IW 1333 untuk yang jadwal penerbangan siang.

Setelah sampai di bandara Matahora di wakatobi anda dapat melanjutkan perjalanann ke lokasi wisata atau tempat penginapan yang dituju dengan menggunakan taxi non argo ( baru satu ini moda transportasi yang melayani dari dan ke bandara Matahora di wakatobi).  Tarif untuk taxi non argo ini pada umumnya dikisaran dari 100rb s/d 150 rb dengan maksimal jumlah penumpang empat orang dan barang bawaan sampai tujuan). Bagi sobat traveler semuanya, yang menggunakan smart phone dengan fasilitas layanan sinyal dari selain si merah (Tel*****l) dan si kuning (Ind***t) mohon maaf anda harus sementara berpindah layanan ke dua provider layanan tersebut. 

Diatas merupakan cara menuju destinasi wisata pulau wakatobi melalui jalur penerbangan dari empat bandar udara dari pulau jawa.  Pesan penulis berdasar pengalaman perjalanan jika menggunakan maskapai penerbangan usahakan untuk memilih jalur dan jadwal penerbangan yang ter-conecting

Untuk tulisan berikutnya nantikan bagaimana cara menyelusuri obyek-obyek wisata di pulau wakatobi dengan jalur darat dan laut,

Selamat menikmati perjalanan sobat traveler,
bohaywakatobi.blogspot.com
Suasana Bandar Udara Matahora di Wakatobi

bohaywakatobi.blogspot.com
Kesibukan crew kargo di bandar udara Matahora Wakatobi
  

 

No comments:

Post a Comment